Selamat datang di opocak.blogspot.com

Perlukah Rooting Di Android Dilakukan?

Minggu, 09 Juni 20130 komentar

Opocak Android- Apa itu Rooting ? mungkin bagi sobat yang sudah pengalaman memakai android pasti tau, nah bagi yang belum berikut opocak akan memberitahu apa sih yang namanya Rooting itu?

Ok Rooting adalah proses untuk mendapatkan kembali hak administratif terhadap devices yang kita gunakan. Sekalipun sebenarnya Android merupakan sistem operasi yang bersifat open source tapi kenyataannya kita tidak pernah diberikan hak penuh (root) untuk melakukan kegiatan yang terhadap devices yang kita miliki.Nah sekarang muncul pertanyaan gunannya apa sih ?

Nah gunanya adalah untuk mendapatkan kekebasan dan kontrol penuh terhadap Android devices yang kita gunakan. Apabila kita sudah berhasil melakukan "rooting" yang biasanya disebut dengan "rooted" maka kita bisa melakukan apa saja termasuk kegiatan "tweaking" untuk meningkatkan perfomance terhadap Android devices.oh jadi gitu terus apa sih keuntungan dan kerugiannya?

Nah berikut opocak akan menjawab dari pertanyaan keuntungan dan kerugian melakukan rooting :

Keuntungan:
1. Kustomisasi Apps Lebih Fleksibel 
      Dengan melakukan 'rooting' sobat bisa memilih aplikasi-aplikasi apa saja yang terinstal. Termasuk aplikasi bawaan yang tidak perlu. Tapi, jika sobat opocak berniat melakukan hal ini sebaiknya berhati-hati, karena jika salah satu uninstal dapat menyebabkan kinerja perangkat menjadi tidak sempurna. Jadi, jangan dilakukan bila tidak benar-benar kepepet.

2. Modifikasi Performa Hardware 
      Rooting memungkinkan sobat opocak untuk dapat memaksimalkan kinerja perangkat. salah satunya dengan meng-overclock processor. sehingga kinerja terasa lebih cepat dari yang biasanya/bawaannya. Tapi dg begitu biasannya overclock dapat memperpendek usia processor, membuat baterai lebih boros dan cepat panas juga berkemungkinan sisitem menjadi tidak stabil.

3. Instalasi Aplikasi-aplikasi Tertentu 
       Rooting juga memungkinkan sobat untuk dapat menginstall aplikasi yang membutuhkan akses 'root' alias masuk lebih dalam ke sistem yang diijinkan vendor. Sebagai contoh, ada aplikasi-aplikasi yang dapat merekam penggunaan layar (tampilan display) untuk ditayangkan di video tutorial.

4. Instalasi Custom ROM 
     Custom ROM adalah sistem operasi Android kustom (alternatif) atau bukan buatan vendor. Custom ROM dikembangkan oleh komunitas penggemar sistem operasi Android agar bisa tampil lebih unik atau sesuai dengan kehendak para developernya. Nah bagi sobat yang punya komunitas Android biasannya proses 'root' wajib dilaksanakan.

Kerugian:
1. Garansi Tidak Berlaku Lagi 
     Kerugian pertama sobat yang akan dialami oleh pengguna yang melakukan 'rooting' adalah hilangnya garansi. Pabrikan tidak bertanggung jawab bila ada kerusakan pada perangkat dikarenakan pengguna mengubah default sistem pada perangkat. Tapi jangan kuatir sobat jika terlanjur udah di 'root' bisa kok sobat meng 'unroot'. nah jika begitu biasannya garansi kembali didapat.

2. Rentan Akan Virus Dan Malware 
      Ada yang beranggapan bahwa dengan melakukan 'rooting' maka aplikasi merusak seperti malware, virus atau trojan dapat denga mudahnya masuk ke sistem untuk tujuan merusak atau melakukan pencurian data pengguna. Tapi menurut saya sobat meskipun di 'root' atau enggak ya tetep aja tuh ada yg namanya virus.

Ya, itu tergantung kebutuhan sobat sendiri apakah perlu di 'root' atau enggak. opocak disini kan cuman beri alasan-alasannya doang dan kembali pada sobat sendiri. kalau ada pertanyaan silahkan komentar insya Allah dijawab asalkan sobat bertanya dengan sopan 

 Baca juga :
Share this article :

Posting Komentar

Makasih Komenannya Sob... :D

 
Support : Infonya asik, askinya info | Spesial Thanks | Teknologi | Unik | Kontroversial
Copyright © 2014. Info Asik - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modify by Ubaidillah HF
Proudly powered by Blogger