Akan tetapi di balik kemudahan membuka sebuah toko
online, Anda jangan mengharapkan datangnya laba yang cepat dan mudah.
Dibutuhkan ketelatenan dan kerja keras untuk membuat nama toko online
Anda bisa terangkat. Dan modal yang digunakan juga lumayan tinggi untuk
itu.
Inilah 11 hal yang perlu Anda perhatikan secara seksama saat hendak membuka sebuah toko online.
Dengan memfokuskan perhatian pada 11 poin ini, peluang untuk berhasil
mendulang rupiah dengan toko online niscaya akan lebih tinggi.
Poin 1: Foto produk
Bila Anda menjual produk yang bisa dilihat, sebuah
foto (yang asli, bukan direkayasa) menjadi hal wajib. Mengapa?
Karena manusia sangat memercayai indra penglihatannya. Peluang untuk
membeli akan lebih tinggi jika Anda mengunggah foto di samping deskripsi
produk yang Anda jual. Oleh karena itu gunakan jasa fotografi
profesional jika dana memungkinkan.
Poin 2: Kontak lengkap
Berikan alamat kontak yang jelas dan bisa didatangi
secara fisik karena karakter masyarakat kita yang masih belum
percaya sepenuhnya pada toko online yang tidak memberikan alamat yang
jelas. Berikan sebanyak mungkin alternatif kontak. Anda bisa berikan
nomor telepon, nomor ponsel, PIN BlackBerry, alamat surel, Yahoo
Messenger dan sebagainya.
Poin 3: Respon cepat
Saat calon pembeli menghubungi via telepon, SMS,
BBM, atau YM jangan menunda untuk memberikan respon. Segera berikan
respon jika kondisi Anda tidak sedang sibuk. Dengan mengabaikan mereka,
peluang untuk mereka kembali lagi akan makin kecil.
Poin 4: Balas calon pembeli meski terlambat
Seperti sudah dikemukakan tadi, kecepatan sangat
penting dalam merespon. Dan yang penting, meski terlambat pun cobalah
untuk memberikan respon. Jangan diabaikan sama sekali. Siapa tahu itu
potensi besar? Tak jarang banyak orang yang setia menunggu tanggapan
Anda tetapi sudah lupa karena padatnya aktivitas.
Poin 5: Miliki banyak rekening bank
Berikan banyak alternatif rekening bank untuk
melakukan transfer pembayaran. Jangan sampai Anda mengandalkan
hanya satu bank saja. Setidaknya miliki satu rekening di bank swasta
nasional dan satu lagi bank pemerintah. Makin banyak alternatif yang
memudahkan, makin bagus.
Poin 6: Hindari perang harga
Perang harga memang menyenangkan bagi konsumen dalam
jangka pendek. Anda juga bisa meraup lebih banyak pelanggan. Tetapi ini
bukan hal yang akan membawa kesuksesan dalam jangka panjang apalagi
jika harga yang murah membuat kualitas produk atau layanan Anda
memburuk. Usahakan kualitas tak terpengaruh secara signifikan oleh
patokan harga yang rendah.
Poin 7: Berikan kepastian dan tepati
Transparansi mengenai stok barang yang dijual, kapan
bisa tersedia dan kapan bisa sampai ke tangan pembeli
merupakan sebagian hal yang diinginkan kepastiannya dari seorang penjual
di toko online. Jangan mempermainkan pelanggan dengan memberikan
ketidakpastian informasi apalagi memberikan janji yang belum tentu bisa
ditepati. Reputasi usaha akan hancur lambat laun. Beri kepastian kapan
barang sampai. Bila perlu berikan nomor resi pengiriman barang agar si
pembeli bisa
periksa keberadaan barangnya via kantor ekspedisi yang dipakai kita.
Poin 8: Petunjuk pembelian yang jelas
Setiap toko online memiliki cara pembelian yang
kadang berbeda. Untuk hindari kebingungan, jelaskan cara membeli dengan
sebaik-baiknya. Misalnya setelah tertarik membeli produk tertentu, calon
pembeli bisa mengirimkan SMS dengan aturan/ kode tertentu atau
mengirimkan sejumlah dana dengan aturan tertentu. Itu semua terlihat
remeh tetapi cukup rumit di pelaksanaannya.
Poin 9: Perincian harga barang dan ongkos kirim
Berikan rincian harga barang dan ongkos kirim dengan
jelas. Karena kadang ada perbedaan jarak yang menyebabkan perbedaan
tarif pula. Jangan sampai merugikan salah satu pihak. Setelah calon
pembeli pesan produk, berikan konfirmasi mengenai harga dan ongkos
kirim.
Poin 10: Update terus menerus
Apa yang terpikir saat kita membuka toko online yang
informasinya sudah begitu lama tidak diperbarui. Mungkin satu bulan,
dua bulan atau 6 bulan. Makin lama Anda tidak memperbarui situs toko
online Anda dengan sesuatu yang baru, makin rendah minat konsumen untuk
datang apalagi bertransaksi. Adanya pembaruan menandakan adanya
denyut kehidupan dalam bisnis Anda. Setidaknya jika memang stok terbaru
belum ada, berikan secara rutin informasi-informasi
menarik dan ringan bagi pengunjung.
Poin 11: Desain dan navigasi yang ramah
Ramah di sini tentu dimaksudkan untuk pengunjung.
Desain tak perlu ngejreng atau glamor, yang terpenting
adalah fungsionalitasnya. Apakah pengunjung yang gaptek sekalipun bisa
menjelajahi situs toko online Anda dengan baik? Jika iya, selamat. Situs
Anda berpeluang lebih tinggi jaring pembeli. Desain yang digunakan juga
tentukan kecepatan loading laman web toko online. Konsep desain yang
sederhana lebih bermanfaat. Apalagi jika calon pembeli banyak yang
mengakses dari ponsel. Anda perlu menyiapkan pula versi mobile situs
toko online Anda. Ini akan membuka pintu bagi para calon pembeli yang
suka menggunakan ponsel untuk mengakses situs Anda.(*AP)
Search from : ciputraentrepreneurship.com
+ komentar + 2 komentar
infonya bagus...
kalau sempat main ke blog kami..
pemulailmu.blogspot.com
iya terima kasih banyak sob....iya sob kapan kapan ane visback :D
Posting Komentar
Makasih Komenannya Sob... :D